Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Semua Android

­Beberapa masalah yang sering terjadi di handphone android yang sangat menjengkelkan adalah adanya error “Sayangnya aplikasi telah berhenti” atau errornya lebih spesifik seperti “sayangnya proses com.android.systemui telah berhenti” atau sayangnya proses com.android.phone telah berhenti. Baik di hape xiaomi, oppo, vivo, asus maupun samsung hal tersebut bisa terjadi.

Masalah tersebut bukan karena handphone android kamu yang rusak, tapi disebabkan oleh aplikasi yang crash ataupun ruang penyimpanan internal yang sudah penuh.

Untuk menghindari masalah tersebut ada baiknya kamu periksa beberapa hal berikut yang biasanya menjadi penyebab muncul error “sayangnya aplikasi telah berhenti” .

Penyebab “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti” di Hape Android


Memory internal yang penuh


­Periksa secara berkala ruang penyimpanan internal, jangan sampai kamu kecolongan ruang penyimpanan internal penuh.

Untuk mengeceknya bisa kamu lihat di menu Setting/Pengaturan->Penyimpanan dan lihat sisa memory internal kamu. Disarankan sisa memrory internal tidak kurang 20%-30%.

System Memory atau RAM Penuh


­RAM adalah system memory sementara yang menyimpan proses sebuah aplikasi ketika aplikasi berjalan. Ketika RAM ini tersisa hanya sedikit, kemudian kamu menjalankan aplikasi yang memakan RAM lebih dari sisa RAM yang tersedia di android kamu, akan menyebabkan error “sayangnya aplikasi telah berhenti”.

Tidak hanya error tersebut yang akan muncul, hal lain yang disebabkan oleh RAM yang penuh juga membuat android kamu lag atau tidak merespon.

Hal yang paling fatal dari RAM yang penuh ini, ketika kamu paksakan membuka berbagai macam aplikasi yang cukup berat seperti aplikasi sosial media seperti facebook dan instagram atau aplikasi messenger seperti Whatsapp dan BBM apalagi dipakai buat maen game akibatnya bisa menyebabkan hape android kamu gagal system.

Kegagalan system memang tidak akan langsung terlihat ketika hape android masih menyala, namun akan terlihat setelah hape android kamu direstart. Hal ini bisa terjadi pada semua hape jenis android seperti xiaomi, samsung, oppo, vivo dan asus.

File Cache yang Menumpuk


­Hal lain yang dapat menyebabkan error “sayangnya aplikasi telah berhenti” adalah banyaknya file cache dari aplikasi yang menumpuk dan memenuhi system penyimpanan internal.

Untuk menjaga-jaga dari kecolongan memori internal penuh, caranya lihat poin sebelumnya di memory internal penuh.

Jika terlanjur terjadi file cache aplikasi yang menumpuk, kamu bisa membersihkannya dengan cara pergi ke Pengaturan->Aplikasi dan buka satu-persatu aplikasi kemudian Hapus Cache. Namun cara tersebut lumayan memakan waktu karena harus menghapus cache aplikasi satu-persatu.

Untuk mempercepat penghapusan cache yang menumpuk secara bersamaan untuk hape xiaomi biasanya ada fitur untuk cleaner. Sedangkan jika di hape merek yang kamu pakai tidak ada fitur cleaner, kamu bisa gunakan aplikasi pihak ketiga seperti clean master. Namun perlu diingat bahwa aplikasi tersebut lumayan berat dan lumayan memakan memori atau RAM.

Aplikasi Tidak Compatible


Ada beberapa aplikasi yang tidak kompatibel dengan beberapa OS android yang biasanya juga dapat menimbulkan aplikasi tersbut crash dan muncul error “sayangnya aplikasi telah berhenti”.

Untuk menjaga-jaga, hindari pemasangan aplikasi selain dari playstore atau market pihak ketiga.

Hindari pemasangan aplikasi yang di share dari Shareit atau Bluetooth. Jika terpakasa memasang aplikasi dari hasil sharing, pastikan bahwa OS androi pengirim sama dengan OS penerima.

Cara Mengatasi “Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti”


Dari beberapa penyebab yang telah di jelaskan di atas, serta sedikit cara mengatasinya. Ada beberapa cara lain untuk mengatasi error tersebut, antara lain:

  • Hapus atau Uninstall aplikasi yang menyebabkan error “sayangnya aplikasi telah berhenti”.
  • Restart hape android kamu.
  • Hapus data aplikasi. Perlu diingat jika kamu menghapus data aplikasi, data-data yang ada di aplikasi tersebut otomatis akan terhapus, misalnya data login, atau jika di aplikasi messenger data chat atau bahkan kontak juga bisa terhapus.
  • Hentikan beberapa aplikasi yang tidak digunakan yang berjalan di background.
  • Hal terakhir jika masalah tersebut masih terjadi yang disebabkan oleh aplikasi sistem yang tidak dapat dihapus dan errornya muncul terus adalah dengan mereset hape android kamu ke setelah pabrik atau factory reset.

Jika kamu akan melakukan factory reset, pastikan kamu membackup terlebih dahulu data-data yang kamu anggap penting.

Apabila factory reset tidak dapat dilakukan dari menu pengaturan, kamu bisa melakukannya dengan cara hard reset di menu recovery. Untuk mereset di recovery bisanya kamu harus menekan tombol kombinasi power + volume, tiap merk hape android bisa berbeda caranya.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × five =