Malware adalah program jahat yang biasanya di tanam di sistem atau aplikasi berbasis komputer, seperti halnya aplikasi android. Ada begitu banyak aplikasi android di playstore, walaupun berada di playstore, tapi tidak menutup kemungkinan beberapa dari jutaan aplikasi yang ada disana disusupi malware. Lalu bagaimana cara menghapus malware di android?

Cara Hapus Malware dari Android


Ada beberapa cara untuk menghilangkan malware dari handphone android kamu, tapi sebelumnya pahami dulu gejala-gejala apa saja yang terjadi jika handphone android kamu terjangkit malware.

Ada beberapa gejala ketika handphone adroid terjangkit malware.

  1. Hape android menjadi lemot.
    Baca juga  : Penyebab android menjadi lemot dan cara mengatasinya.
  2. Sering muncul iklan yang tidak jelas.
  3. Aplikasi terbuka dengan sendirinya.
  4. Hape android sering restart sendiri.

Jika hal-hal diatas terjadi pada handphone android kamu, coba beberapa hal berikut untuk mengatasi kemungkinan handphone android kamu disusupi malware.

Reboot Hape Android Ke Safe Mode


Jika tiba-tiba hal aneh terjadi pada hape android kamu, diantaranya adalah hal-hal yang disebutkan di atas, segera reboot hape android kamu ke safe mode.

Untuk masuk ke safe mode pada beberapa hape, biasanya tinggal tekan dan tahan tombol power, kemudian pilih reboot to safe mode. Tunggu beberapa saat hingga masuk lagi ke menu utama.

Dalam beberapa kasus, android tiba-tiba ngehang dan terus menerus muncul popup yang menyatakan signal bahaya, bahwa sebenarnya hal tersebutlah yang berbahaya, jika kamu mengklik popup tersebut, handphone kamu malah akan lebih parah terjangkit malware. Jika hape android kamu sudah masuk safe mode, periksa aplikasi-aplikasi yang mencurigakan.

Periksa Aplikasi Yang Baru Diinstall


Jika gejala android disusupi malware seperti yang dipaparkan diatas terjadi setelah kamu menginstall aplikasi, periksa aplikasi tersebut jika dirasa mencurigakan, segera hapus atau unsinstall aplikasi tersebut.

Periksa juga aplikasi lain yang mencurigakan apabila gejalanya terjadi setelah kamu browsing atau mengunjungi website, hapus juga aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu penting dan jarang atau bahkan ga pernah digunakan. Selain akan memberatkan hape android kamu, juga yaaaa… buat apa dipelihara kalau aplikasinya tidak pernah dipake. 🙂

Install Aplikasi Anti Malware


Untuk meningkatkan kemanan pada hape android kesayangan kamu disarankan menginstall aplikasi anti malware, seperti avast, avg atau 360 security. Pada beberapa merk hape android biasanya sudah dilengkapi dengan anti malware, contohnya xiaomi. Seluruh handphone xiaomi sudah dilengkapi anti malware, kamu bisa temukan aplikasi tersebut pada hape xiaomi di menu security.

Jika kamu sudah menginstall aplikasi anti malware seperti yang disebutkan di atas, kemudian coba scan seluruh file dan aplikasi yang ada di hape android kamu dengan aplikasi anti malware tersebut. Jika tidak terdeteksi file yang mencurigakan, artinya handphone kamu aman, tapi tidak 100% aman, biasanya ada beberapa malware yang tidak terdetteksi oleh beberapa aplikasi anti malware. Sangat disarankan aplikasi anti malware selalu up to date.

Catatan : Jika kamu sedang browsing atau buka aplikasi dan menemukan popup pesan untuk menginstall aplikasi tertentu atau popup pesan menyuruh untuk klik tombol, sebaiknya abaikan saja dan segera tutup browser dan uninstall aplikasi yang memunculkan  pesan tersebut.

 

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 10 =