Cara Reset Password Admin WordPress Self Hosted

reset-password-admin-self-hosted

Seringkali kita lupa dengan yang namnya password, baik itu pass word social media seperti facebook, instagram, twitter dan yang lainnya. Begitu juga dengan password admin wordpress, khusus bagi kamu yang mempunyai blog di wordpress. Apalagi ketika kamu akan mereset password admin wordpress, tapi malah muncul error “The e-mail could not be sent. Possible reason: your host may have disabled the mail() function.” ketika memasukkan email untuk reset password. Sangat menjengkelkan bukan??

Sekilas Tentang WordPress


WordPress adalah salah satu CMS dengan pengguna terbanyak di dunia saat ini, dengan fitur yang lengkap serta keamanannya. Menurut beberapa survei cms wordpress adalah cms yang paling aman untuk saat ini dalam security.

Banyak brand-brand besar seperti CNN, The Sun, New York Post, dan masih banyak lagi blog-blog terkenal yang menggunakan wordpress. Selain fitur yang lengkap serta keamanannya yang dianggap beberapa survei, wordpress adalah cms yang paling aman, wordpress juga didukung plugin-plugin yang banyak dengan fitur, kelebihan dan kekurangannya masing, selain itu juga wordpress menyediakan fitu e-commere dengan woocommercenya untuk kamu para pelaku bisnis, untuk memasarkan produk-produk kamu agar terlihat ekslusif dan professional.

Terlepas fiturnya yang banyak, kita lanjut dengan permasalahan awal, bagaimana jika password admin wordpress lupa dan tidak bisa reset lewat email, seperti yang dibahas pada paragraf pertama?

Cara Reset atau Ganti Password Error Email


Perlu dicatat bahwa ini adalah cara untuk mereset password admin wordpress khusus untuk wordpress self hosted atau hosting sendiri, bukan wordpress subdomain semisal iloveyou.wordpress.com

  1. Login ke cpanel.
  2. Setelah masuk cpanel, cari menu phpMyAdmin.

  3. Kemudian pilih database wordpress kamu.

  4. Pilih tabel wp_users, berhubung disini untuk contoh table prefixnya custom jadi buka wp_users, jika punya kamu juga custom, carilah yang ada embel-embel users dibelakangnya, untuk defaultnya adalah wp_users.

  5. Setelah tabel wp_users terbuka, maka akan tampil semua user yang ada di wordpress kamu, pilih yang akan di edit, untuk contoh di bawah hanya ada satu user saja.

  6. Setelah klik edit akan muncul detail kolom, pilih kolom user_pass, pada kolom function user_pass pilih MD5, kemdian di kolom value isi dengan password baru kamu, kemudian klik GO. Untuk lebih detailnya kamu bisa lihat gambar di bawah.

  7. Sampai tahap ini kamu sudah bisa mengganti password admin kamu, dan sudah bisa digunakan.

Penutup


Jika ada pertanyaan seputar postingan ini, silahkan tinggalkan jejak di kolom komentar.

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine − nine =