Google Play Store Tidak Bekerja? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Google Play Store Not Working atau Tidak Bekerja? Sering kali kita menemui masalah ini pada handphone android, tiba-tiba google play store tidak bekerja atau force close. Sangat menjengkelkan memang ketika kita mau download aplikasi atau game yang kita inginkan namun google play store tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Jangan khawatir dan jangan panik terlebih dahulu, jaman sekarang kita dimudahkan untuk mencari solusi-solusi khususnya tenang teknologi, tinggal buka google dan cari permasalahan kita, mudah bukan?

So, apa yang harus dilakukan ketika menemui masalah google play store tidak bekerja atau tidak berfungsi?

Sebelum ke troublshooting aplikasi google play storenya alangkan baiknya kamu periksa terlebih dahulu hal-hal yang mendasar seperti koneksi internet handphone kamu atau periksa pengaturan waktu pada handphone kamu dan restart handpone android kamu. Jika masih bermasalah, lanjut ke tahap troubleshooting aplikasi google play store.

Periksa Aplikasi Play Sore


Paksa berhenti aplikasi play store di handphone kamu, caranya Buka menu Pengaturan->Aplikasi-> dan kemudian pilih Play Store. Setelah dipilih maka akan tampil informasi dari aplikasi play store seperti ukuran data, cache dan ada tombol Paksa Berhenti. Coba tekan tombol Paksa Berhenti, dengan menekan tombol ini maka akan memaksa aplikasi yang sedang berjalan di background, kemudian buka kembali aplikasi play store, jika berhasil selamat, jika masih error play store tidak bekerja, lanjut ke langkah kedua.

Update Google Play Store ke Versi Terbaru


Jika langkah pertama play store masih tidak bekerja, langkah selanjutnya adalah dengan mengupdate versi play store di handphone kamu, karena play storenya masih tidak bekerja, kamu harus mendownload apk play store dari web ketiga kemudian cari apk playstore versi terbaru, kemudian install.

Jika kamu menghadapi kesulitan menginstall apk manual bisa lihat caranya di cara install apk manual dari pihak ketiga.

Setelah instalasi berhasil, buka play store kemudian lihat hasilnya, jika masih bermasalah, lanjut lagi ke solusi ke tiga.

Hapus Data dan Cache Play Store


Setelah paksa berhenti dan update play store ternyata masih bermasalah? jangan khawatir dulu. Coba kamu hapus data dan hapus cache aplikasi play store. Caranya masuk ke pengaturan, dan temukan menu aplikasi terinstall atau manager aplikasi, kemudian cari aplikasi play store kemudian buka, disitu ada tombol hapus data dan hapus cache, tekan tombol tersebut dan tunggu sampai penghapusan selesai. Setelah selesai hapus data dan cache, buka kembali aplikasi play store dan lihat hasilnya.

Sebagai catatan, menghapus cache juga untuk menambah memori kosong pada memori internal handphone android.

Pasang Google Play Service Terbaru


Jika langkah 1, 2 dan tingga hasilnya masih sama, selanjutnya adalah coba kamu update google play service versi terbaru, untuk apknya kamu bisa cari di web pihak ketiga kemudian download dan install seperti langkah no. 2. Setelah berhasil di install buka kembali play store dan lihat hasilnya.

Stel ulang akun google play store


Akun google ini biasanya terintegrasi ke semua aplikasi bawaan android dari google, seperti gmail, youtube, play store dan aplikasi google lainnya. Caranya buka pengaturan dan cari menu Sync, disitu ada beberapa akun misal akun flatform handphone kamu, misal samsung, mi account, lenovo account dan lainnya, scroll ke bawah, maka kamu akan menemukan akun Google, IMAP, Personal dan akun lainnya. Pilih Google, maka akan menampilkan semua akun google kamu jika kamu mempunyai beberapa akun goole, hapus semua akun google tersebut kemudian masuk kembali, optional restart perangkat android kamu setelah menghapus. Kemudian setelah masuk, buka kembali play store dan lihat hasilnya.

Copot atau Uninstall Play Store


Jika masih bermasalah setelah melakukan beberapa hal diatas, coba kamu copot atau uninstall play store kemudian restart dan install kembali play store dengan versi terbaru.

Reset Handphone ke Setelah Pabrik


Solusi jika masih bandel play store masih tidak bekerja atau force close reset handphone kamu ke setelan pabrik. Biasanya ada di pengaturan menu tambahan, kemudian cari menu backup atau reset.

Perlu diperhatikan bahwa setelah kamu mereset ke setelan pabrik, data kamu akan hilang, jadi sebaiknnya di backup terlebih dahulu jika ada data-data penting di handphone kamu seperti data kontak dan yang lainnya. Setelah di reset periksa play store apakah masih bermasalah. Setelah reset biasanya semua aplikasi akan meminta login ulang.

Flash Ulang Handphone Android


Solusi terakhir dan paling mujarab adalah dengan flash ulang handphone android kamu. Biasanya setelah flash ulang rata-rata masalah seperti ini akan hilang, bukan hanya play store yang tidak bekerja, seperti kegagalan software akan hilang juga. Karena handphone di perbaharui seutuhnya.

Sebagai catatan jika kamu ingin memflash ulang handphone, pastikan kamu sudah biasa memflash handphone android, karena jika awam dan gagal bukan tidak mungkin handphone kamu tidak bisa digunakan selamanya. ??

loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

12 − 6 =