Handphone android kamu lemot? Tentunya sangat mengesalkan ketika buka aplikasi sangat lemot, khususnya kita sedang buru-buru mau bales chat atau telpon. Sudah install aplikasi untuk mempercepat android, tapi tidak berefek sedikitpun. Tentu hal itu membuat kamu semakin frustasi dan ingin bunuh diri, eh jangan!!

Ada beberapa hal yang membuat handphone android menjadi lemot, jadi mari simak apa saja yang membuat hape android menjadi lemot dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Android Lemot karena OS dan Aplikasi

Android lemot bisa disebabkan karena sistem operasi atau OS yang tidak up to date, makanya bro up to date biar gaul. 😎😎😀
Setiap handphone android biasanya dilengkapi fitur update/upgrade OS, dan biasanya ada di paling bawah menu setting atau bisa juga di menu about/tentang contohnya xiaomi dengan miui terbaru.
 
Untuk pengguna xiaomi : Baca Cara Update Miui 9 Redmi 2/Prime
 
Updatelah handphone android kamu secara berkala untuk mendapatkan performa yang lebih baik, selain menambah performa biasanya dalam updatean berbagai jenis hape android juga selalu menambahkan fitur-fitur baru dan juga mengupdate aplikasi dan fitur system yang sudah ada.
 
Update juga aplikasi-aplikasi yang terinstall di handphone kamu khususnya yang selalu berjalan di background seperti aplikasi messenger dan social media. Jika ada versi lite dari aplikasi yang kamu install, sebaiknya gunakan versi lite tersebut dibanding versi yang normal, karena biasanya selain lebih banyak proses juga memakan banyak tempat sehingga memori internal penuh.
 

Penyebab Android Lemot karena Proses Background dan Startup Aplikasi

Proses background adalah sebuah proses aplikasi yang berjalan di backgroud, proses aplikasi ini biasanya berjalan tidak terlihat atau bisa disebut gaib 😁. Semakin banyak aplikasi yang berjalan di background, semakin lemotlah hape android kamu.

Solusinya adalah jangan terlalu banyak install aplikasi yang tidak berguna, hapus aplikasi yang tidak digunakan. Jangan menggunakan wallpaper yang bergerak (live wallpaper), jangan gunakan widget seperti cuaca, kalender dan yang lainnya. Untuk mengontrol proses background, kamu bisa cek running service di menu Developer mode.

Kontrol Memori Internal

Memori internal yang hampir habis akan menyebabkan hape android menjadi lemot, karena memori internal menyimpan sementara data aplikasi yang berjalan selain RAM. Kontrol selalu internal memori agar tidak terlalu penuh, minimal harus ada sekitar 1GB memori internal yang kosong agar proses aplikasi berjalan lancar.

Untuk melihat kapasitas memori internal, kamu bisa akses di menu Storage atau penyimpanan pada menu setting, disitu akan muncul detail kapasitas memori, sisa memori dan memori yang digunakan oleh aplikasi, baik memori internal maupun eksternal. Hapus juga cache secara berkala untuk menampah ruang kosong pada memori internal hape android kamu.

avatar
  Subscribe  
Notifikasi