Penyebab Lampu Motor Sering Putus dan Redup

Kesal memang ketika lampu motor baru diganti, tapi selang beberapa hari putus lagi, ganti lagi putus lagi, kesal bukan? Seperti hubungan kalau sering putus ganti, putus ganti itu kita kayak harus memulai dari awal lagi dan itu repot. 😀

Jika kamu mengalami hal tersebut jangan panik jangan khawatir, sebelum memutuskan untuk membawanya ke bengkel, alangkah baiknya kamu coba analisis sendiri apa penyebabnya, selain kamu juga bisa nambah wawasan tentang kerusakan dan antisipasi penyebab terjadinya lampu motor sering putus atau redup.

Lampu motor sering putus karena disebabkan oleh arus yang terlalu tinggi yang ga bisa di tampung oleh lampu, akibatnya lampu tidak kuat menahan arus, akhirnya putus. Analoginya ketika sebuah tali di sungai, ketika arusnya normal, tali tersebut akan baik-baik saja, namun ketika arusnya mulai deras, tali tersebut tidak akan bisa menahan arus tersebut dan akhirnya putus, begitu juga dengan lampu.

Lalu dari mana arus tersebut? Arus di alirkan dari accu dan dari mesin motor. Arus dari accu dan mesin motor ini kemudian di atur oleh kiprok untuk di bagi ke lampu. Jadi kesimpulannya? Belum bisa disimpulakan, karena ada beberapa penyebab lain, yang sering terjadi adalah 3 penyebab yang membuat lampu motor sering putus.

Penyebab Lampu Motor Redup


Lampu motor redup, karena kurangnya arus yang dialirkan baik dari accu maupun dari mesin motor. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa yang mengatur arus itu kiprok, jadi ketika kiprok tidak dapat mengatur arus lustrik (mengatur tidak normal) sebaiknya segera diganti, karena akan menyebabkan lampu redup atau bahkan terlalu terang, hingga menyebabkan lampu sering putus.

Baca Juga :   Solusi Motor Matic Tidak Ada Listrik

kiprok-motor

Penyebab Lampu Motor Sering Putus


  1. Kiprok rusak/aus, salah satu penyebab lampu motor sering putus adalah karena kiprok sudah rusak atau aus yang mengakibatkan pengaturan arus tidak sesuai. 
    Solusinya ganti kiprok, dengan catatan ganti dengan yang original, karena untuk beberapa motor khususnya matic, ketika memakai kiprok KW atau lokal, masalah tersebut cepat muncul kembali. Saran coba pakai kiprok motor lain yang sejenis untuk membandingkan.
  2. Spull yang sudah tidak normal untuk mengalirkan arus ke kiprok juga menjadi salah satu penyebab sering putusnya lampu motor, karena arus yang dialirkan ke kiprok tidak terlalu baik. Segera perbaiki atau ganti spull motor kamu sebelum merembet terhadap komponen kelistrikan yang lainnya.
  3. Posisi lampu tidak sesuai dengan dudukan lampu juga bisa menjadi penyebab terjadinya lampu sering putus, solusinya periksa dudukan lampu, jika perlu ganti dengan yang baru.

Demikian beberpa penyebab yang biasanya terjadi apabila lampu motor sering sekali putus dan juga redup. Jika masih bermasalah bawa motor kamu ke bengkel langganan terdekat kamu. Semoga bermanfaat. Salam kuku ireng. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

7 + fifteen =