Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email

­Tips Mengirim Surat Lamaran Kerja via Email ~ Sering gagal dalam melamar kerja melalui email? Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenapa surat lamaran kerja yang kamu kirim melalui email diabaikan oleh penerima atau Manager HRD atau siapapun dibalik email HRD yang menerimanya.

Faktor Gagalnya Melamar Kerja Via Email


Faktor-faktor yang mempengaruhi lamaran kerja via email kamu diabaikan adalah faktor surat lamaran kerja yang dianggap kurang menarik, kurang kreatif atau bisa juga karena posisi atau tata letak surat lamaran kerja yang kamu buat berantakan.

Itu adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi surat lamaran kerja via email kamu diabaikan, namun memang tidak semua pihak perusahaan khususnya dalam hal ini adalah HRD sebagai orang yang menyeleksi para pelamar kerja yang tidak terlalu mementingkan surat lamaran kerja.

Biasanya mereka tidak terlalu membutuhkan isi surat lamaran kerja itu sendiri, melainkan lampiran-lampiran yang ada di email surat lamaran kerja kamu, terutama CV (Curiculum Vitae).

Namun jangan salah, beberapa instansi pemerintahan ataupun swasta ada yang sangat memperhitungkan isi dan tata letak surat lamaran kerja yang kamu kirim via email, terutama instansi pemerintahan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Surat Lamaran Kerja via Email


­Subjek atau Judul Email


­Subjek dalam mengirim surat lamaran kerja melalui email sangat penting, karena menyangkut tujuan dan atau maksud dari email tersebut. Orang ketika membuka email, yang akan tampil adalah subjek di daftar email masuk (inbox).

Jadi ketika kamu salah menuliskan subjek dari email lamaran kerja kamu, si penerima tidak akan mengetahui apa maksud dari email tersebut.

Isi Surat Lamaran Kerja


­Hal penting lain dalam surat lamaran kerja yaitu isi surat lamaran kerja itu sendiri, isi surat yang acak-acakan tidak akan membuat si penyeleksi menaruh perhatian terhadap surat lamaran kerja kamu.

Lihat postingan sebelumnya tentang contoh surat lamaran kerja yang baik, kemudian copy atau tiru contoh surat tersebut dan isikan di pesan email kamu.

Lampiran Surat Lamaran Kerja via Email


­Lampiran-lampiran yang dikirim sebaiknya jangan di compres dalam sebuah file semisal .rar atau zip, karena penyeleksi cenderung malas membuka lampiran tersebuk karena harus mengekstrak terlebih dahulu file yang kamu kirim, tapi tidak semua penyeleksi seperti itu.

Alangkah baiknya lampiran-lampiran yang kamu kirimkan seperti Curiculum Vitae (CV), copy KTP, Ijazah, Transkrip Nilai di lampirkan satu persatu dan sebaiknya juga di scan dalam bentuk scan berwarna.

Khusus untuk CV jangan di scan ya. 🙂 Sebaiknya diketik dengan format Microsoft Word dan tambahkan foto berwarna 3×4 formal.

­Ujicoba Kirim


­Sebelum kamu mengirimkan email ke penerima aslinya, sebaiknya kamu ujicoba kirim dulu ke alamat email lain, jaman sekarang banyak penyedia email gratis yang bisa multiple akun dalam satu device atau browser seperti gmail ataupun outlook.

Setelah dikirim ke email lain, kemudian periksa isi dari email tersebut mulai dari isi surat juga lampiran-lampiran, apakah sudah sesuai dan filenya dapat dibuka dengan baik.

Penutup


­Demikian hal-hal yang perlu diperhatikan jika kamu akan mengirimkan surat lamaran kerja melalui email. Semoga membantu, salam sukses. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + 15 =