Berikut adalah beberapa kiat dasar serta beberapa rahasia yang dapat digunakan dalam pencarian di Google untuk membantu meningkatkan hasil penelusuran dan menemukan apa yang kamu cari di Google.

Kelompokkan pencarian agar mendapatkan hasil yang cocok

Kelompokkan keyword penelusuran kamu untuk hasil yang cocok sesuai dengan apa yang kamu perlukan . Contohnya, jika kamu ingin mencari cara masak nasi goreng, maka untuk mendapatkan hasil yang relevan cukup tambahkan pada tanda kutip pada kata kunci yang kamu ketik: “cara masak nasi goreng”.

Filter pencarian 

Jika hasil yang kamu dapatkan terlalu banyak bahkan ada tambahan-tambahan, misalnya kamu mencari cara masak nasi goreng tapi hasil yang keluar ada cara masak nasi goreng ikan atau yang lainnya, untuk memfilter bahwa kamu tidak ingin melihat hasil nasi goreng ikan, cukup tambahkan tanda minus dibelakang kata kunci diikuti kata ikan. contohnya: “cara masak nasi goreng” -ikan

Menggunakan rentang tahun

Google mendukung rentang angka, misalnya, jika kamu mencari top musik antara tahun 1980 hingga 2000, kau tinggal ketik: “Top Musik” 1980..2000

Gunakan wildcard dalam pencarian

Google mampu memahami (*) tanpa kurung wildcard dalam pencarian. Misalnya, jika kamu menelusuri “tercepat * di dunia” maka akan keluar hasil apapun yang berhubungan  dengan kata tercepat di dunia. Contohnya “manusia tercepat di dunia”, “hewan tercepat di dunia” dan lain sebagainya.

Pelajari tentang operator Google lainnya

Google memiliki puluhan operator dan fungsi yang dapat digunakan dalam pencarian untuk membantu melakukan fungsi pencarian khusus. Di bawah ini adalah daftar operator dan deskripsi singkatnya.

Menambahkan “site:” di depan domain apapun dapat menunjukkan hasil pencarian hanya untuk domain itu. Misalnya, kamu mencari “cara sehat” di situs blogdokter.net. Kamu tinggal ketikkan “cara sehat site:blogdokter.net”

NB: Tidak boleh ada spasi di antara “site:” dan domain.

Menambahkan “allinurl:” di depan teks apapun dapat menunjukkan hasil penelusuran apapun yang memiliki teks itu di URL . Misalnya, mencari “allinurl:masakan” menunjukkan semua hasil yang memiliki kata “masakan” di semua URL.

NB: Tidak boleh ada spasi di antara “allinurl:” dan teks.

Menggunakan pencarian lebih lanjut

Berikut ini adalah beberapa fungsi yang dapat digunakan untuk mencari file dari directori sebuah website.

intitle: index.of + mp3 -asp -html -htm -php -pls -txt

Dari contoh diatas kamu dapat meelihat hasil penelusuran file mp3 tapi tidak termasuk asp file, html, php, pls.

intitle: index.of + mp3 “<nama artis, judul>” -asp -html -htm -php -pls -txt

Contoh diatas dapat dipergunakan untuk mencari file mp3 yang lebih spesifik yaitu dengan nama artis ataupun judulnya, tapi tidak termasuk file asp, html, php dan lainnya .

Sebenarnya masih banyak fungsi-fungsi lain selain dari beberapa fungsi diatas, jika ada waktu nanti kami update untuk fungsi lainnya.

avatar
  Subscribe  
Notifikasi